Ads 720 x 90

Panduan Lengkap Memilih Makanan Cepat Saji yang Sehat

Makanan cepat saji jadi godaan di saat seseorang yang menjalani diet sehat. Ketika godaan tak bisa ditahan, ia jadi memilih makanan cepat saji ketimbang mengonsumsi makanan bernutrisi. Padahal, diet juga bisa dijalani dengan nyaman dengan beragam pilihan menu makanan sehat.


Hidup sehat tak selalu tersiksa. Anda masih bisa memilih cara sehat di antara pilihan makanan cepat saji. Jadi, Anda tak perlu cemas merasa tersiksa saat menjalani diet.


Cara memilih makanan cepat saji yang sehat


Makanan cepat saji identik dengan harga yang murah dan enak. Meskipun rasanya memanjakan lidah, makanan tersebut dapat memicu kenaikan berat badan. Gol diet Anda bisa saja mundur karena konsumsi makanan cepat saji.


Jika Anda biasa memesan burger dan kentang di restoran makanan cepat saji, Ada banyak kalori yang terkandung di dalamnya. Coba kulik kandungannya berikut ini.


Burger mengandung 240 kalori



  • 10 gram lemak

  • 3,5 gram lemak jenuh

  • 0,5 gram lemak trans

  • 380 gram sodium

  • 26 gram karbohidrat

  • 6 gram gula

  • 13 gram protein


Kentang goreng mengandung 220 kalori



  • 10 gram lemak

  • 1,5 gram lemak jenuh

  • 330 mg sodium

  • 31 gram karbohidrat

  • 3 gram protein


Mungkin Anda bisa menghitung kalori yang terkandung di dalam makanan cepat saji tersebut, apakah melebihi asupan kalori harian atau tidak.


Agar asupan kalori harian tidak berlebih, Anda bisa menyiasatinya saat memilih makanan cepat saji. Diet sehat tetap dapat dilakukan dengan memilih makanan cepat saji yang sehat. Berikut cara yang bisa ditempuh.


1. Order makanan melalui aplikasi


Ada beragam aplikasi makanan yang menawarkan menu yang sehat. Bahkan di aplikasi tersebut Anda bisa langsung memantau berapa kalori yang terkandung per menunya.


Perkembangan tren membuat perusahaan penyedia makanan sehat untuk menyajikan rasa yang bisa diterima semua orang. Dengan demikian Anda tak perlu cemas karena ragam inovasi membuat makanan sehat tetap enak saat disantap.


2. Rencanakan dan tahu apa yang akan dikonsumsi


cara makan buffet sehat


Tak sedikit orang yang bepergian dan kerap tergoda untuk menghampiri restoran cepat saji. Ada baiknya pikirkan terlebih dulu restoran yang hendak Anda kunjungi.


Saat tiba di restoran, Anda perlu menyadari makanan apa yang Anda santap dan berapa kalorinya. Rata-rata restoran tak mencantumkan kandungan kalori pada menunya.


Oleh karena itu, Anda bisa meminta daftar kandungan kalori menu makanan kepada petugas restoran. Jika tak yakin restoran tersebut memilikinya, pilihlah restoran yang kerap mencantumkan kalorinya.


3. Perhatikan porsi makanan


Memilih makanan cepat saji secara sehat adalah dengan memperhatikan porsi makanan. Di restoran makanan cepat saji biasanya menawarkan up-size makanan atau minuman. Abaikan tawaran ini dan tetapkan diri pada rencana yang sehat.


Saat Anda cheating day, pilihlah makanan dengan porsi terkecil. Tak ada salahnya Anda memesan makanan porsi kecil pada menu makanan anak-anak.


4. Pilih makanan yang dibakar


Pesanlah menu makanan dibakar agar Anda tetap bisa mengonsumsi makanan cepat saji secara sehat. Hindari makanan yang digoreng dan bertepung, seperti ayam krispi atau fish fillet.


Ingat, Anda perlu bijak dalam memilih menu makanan. Dari sekian banyak menu pilihlah dada ayam atau daging sapi tanpa lemak yang dibakar. Sebaiknya singkirkan kulit ayam agar Anda tak tanggung-tanggung mengonsumsi makanan cepat saji dengan sehat.


5. Bijak dalam memilih menu pendamping


makan sehat banyak aktivitas


Singkirkan pikiran untuk memesan makanan yang digoreng saat memilih makanan cepat saji. Meskipun enak, Anda perlu menghindari makanan berkalori tinggi seperti kentang goreng, mi goreng, onion ring, mac and cheese, dan lainnya.


Selalu ada opsi sehat dalam memilih menu makanan pendamping. Misalnya, buah-buahan segar, jagung rebus, atau sayuran. Jika ingin makan kentang, pilihlah menu kentang panggang.


6. Pilih menu yang bernutrisi


Makanan sehat yang bernutrisi juga bisa diperoleh dalam restoran cepat saji. Misalnya, pilih makanan yang mengandung banyak serat, whole grain, dan tinggi protein.


Ide yang bagus bila Anda membawa makanan tambahan yang kaya serat dan nutrisi dari rumah. Misalnya, buah-buahan segar, buah kering, kacang atau biji-bijian, wortel, maupun yogurt. Pemilihan menu makanan ini akan melengkapi asupan nutrisi harian Anda.


The post Panduan Lengkap Memilih Makanan Cepat Saji yang Sehat appeared first on Hello Sehat.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter